diposkan pada : 14-08-2023 09:05:01 Warga Klaten, Inilah Ciri-ciri Gula Darah Naik Menurut Ahli Gizi

Dilihat : 59 kali

Warga Klaten, Diabetes tipe 2 adalah kondisi di mana tubuh mengalami masalah dalam mengatur gula darah dengan baik, biasanya karena resistensi insulin atau produksi insulin yang tidak mencukupi. Berikut adalah beberapa informasi yang penting bagi penyandang diabetes tipe 2:

Ciri-Ciri Gula Darah Naik:

  1. Peningkatan Rasa Haus dan Kelaparan: Kenaikan gula darah dapat menyebabkan tubuh merasa lebih haus dan lapar dari biasanya.
  2. Peningkatan Buang Air Kecil: Penyandang diabetes tipe 2 mungkin sering buang air kecil karena ginjal bekerja ekstra untuk menghilangkan kelebihan glukosa dari darah.
  3. Kekurangan Energi dan Kelelahan: Gula darah yang tinggi bisa menghambat sel-sel tubuh mendapatkan energi, yang bisa menyebabkan kelelahan dan kelesuan.
  4. Penglihatan Kabur: Peningkatan gula darah dapat mempengaruhi sirkulasi darah ke mata dan menyebabkan penglihatan kabur.
  5. Luka Sulit Sembuh: Gula darah tinggi bisa mempengaruhi kemampuan tubuh dalam memperbaiki jaringan, sehingga luka sulit sembuh.

Makanan yang Aman Dikonsumsi warga Klaten saat gula darah tinggi:

  1. Serat Tinggi: Konsumsi makanan kaya serat seperti sayuran non-starch (seperti brokoli, bayam, dan wortel), biji-bijian utuh, dan buah-buahan dengan kulit dapat membantu mengontrol penyerapan glukosa.
  2. Karbohidrat Kompleks: Pilih sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh, nasi merah, dan kacang-kacangan. Hindari karbohidrat sederhana seperti gula olah dan tepung putih.
  3. Protein Rendah Lemak: Daging tanpa lemak, ikan, produk susu rendah lemak, dan sumber protein nabati seperti tahu dan tempe dapat menjadi pilihan baik.
  4. Lemak Sehat: Konsumsi lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal (ditemukan dalam alpukat, minyak zaitun) dan lemak tak jenuh ganda (ditemukan dalam ikan berlemak, kacang-kacangan).
  5. Pantangan Gula: Batasi konsumsi gula tambahan, permen, minuman manis, dan makanan olahan yang tinggi gula.

Risiko Komplikasi dan Potensi Sembuh: Penyandang diabetes tipe 2 berisiko tinggi mengalami komplikasi jangka panjang jika gula darah tidak terkontrol. Ini termasuk kerusakan saraf (neuropati), masalah ginjal, penyakit jantung, gangguan mata, dan masalah sirkulasi. Namun, dengan pengelolaan yang tepat, seperti diet seimbang, aktivitas fisik teratur, pengukuran gula darah berkala, dan penggunaan obat atau insulin bila diperlukan, risiko komplikasi dapat dikurangi.

Meskipun diabetes tipe 2 mungkin tidak dapat sepenuhnya sembuh, penanganan yang baik dapat membantu mengontrol gula darah dan mencegah komplikasi. Banyak orang dengan diabetes tipe 2 mengalami peningkatan kondisi mereka melalui perubahan gaya hidup yang sehat. Penting untuk berkonsultasi dengan tim medis Anda, termasuk ahli gizi dan dokter, untuk merencanakan pengelolaan yang paling sesuai untuk Anda.