diposkan pada : 30-05-2023 15:00:01 Nikmati Kelezatan Makanan Khas Kabupaten Klaten: Mengungkap Ragam Kuliner yang Menggoyang Lidah

Dilihat : 39 kali

Kabupaten Klaten di Provinsi Jawa Tengah tak hanya terkenal dengan keindahan tempat wisatanya, tetapi juga dengan beragam makanan khas yang menggoyang lidah. Kuliner tradisional yang disajikan di Kabupaten Klaten menggabungkan cita rasa autentik dengan bahan-bahan alami yang menghasilkan makanan yang lezat dan memikat. Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Klaten, jangan lewatkan untuk mencoba beberapa makanan khas berikut:

1. Sate Kere:
   Sate Kere adalah hidangan khas Klaten yang terbuat dari tempe gembus atau koyor yang diolah dengan bumbu kacang khas Jawa Tengah. Sate ini memiliki rasa yang gurih dan khas, dan biasanya disajikan dengan nasi atau lontong.

2. Gudeg Klaten:
   Gudeg merupakan makanan tradisional Yogyakarta yang juga populer di Kabupaten Klaten. Gudeg Klaten menggunakan nangka muda yang dimasak dalam kuah santan gurih, biasanya disajikan dengan ayam kampung, telur, dan sambal krecek. Rasanya manis dan sedikit gurih, serta cocok dinikmati dengan nasi atau ketupat.

3. Empal Gentong:
   Empal Gentong adalah hidangan daging sapi yang dimasak dalam kuah bening dengan rempah-rempah khas. Rasanya sangat kaya dan gurih, serta disajikan dengan irisan daging empuk dan kuah yang kental. Empal Gentong sering disantap dengan nasi hangat dan sambal.

4. Dawet Bayat:
   Dawet Bayat adalah minuman tradisional yang terbuat dari tepung beras dengan kuah santan dan gula merah. Minuman ini memiliki rasa manis dan tekstur yang kenyal. Biasanya dawet Bayat disajikan dengan es serut dan bisa menjadi pilihan yang menyegarkan di tengah cuaca panas.

5. Tahu Gimbal:
   Tahu Gimbal adalah hidangan yang terdiri dari tahu goreng yang diisi dengan potongan kol, tauge, dan potongan telur rebus. Tahu Gimbal disajikan dengan sambal petis dan bumbu kacang yang memberikan rasa gurih dan pedas. Hidangan ini bisa menjadi camilan yang nikmat untuk menemani sore hari.

6. Nasi Liwet Klaten:
   Nasi Liwet adalah nasi gurih yang dimasak dengan santan, daun salam, dan rempah-rempah. Nasi Liwet Klaten khas memiliki cita rasa yang khas dan biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, telur, dan sayur-sayuran.

7. Kue Leker:
   Kue Leker adalah kue tradisional yang terbuat dari adonan tipis yang digulung dan diisi dengan campuran gula kelapa, cokelat, atau keju. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih, dan sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan di siang hari.

Itulah beberapa makanan khas yang dapat Anda temukan di Kabupaten Klaten. Jangan ragu untuk mencoba kelezatan kuliner tradisional ini saat mengunjungi daerah tersebut. Selamat menikmati!